Google Mulai Terapkan Koneksi Tersandi untuk Keamanan Pencarian

Penulis

Seperti telah diberitakan sebelumnya, Google akhirnya memberikan opsi pencarian tersandi mulai hari Jumat kemarin. Layanan ini rencananya juga akan dipasangkan ke semua layanan milik Google lain seperti Google Docs. Layanan ini baru tersedia di Amerika Serikat dan rencananya akan segera diberlakukan di seluruh dunia.

Koneksi tersandi akan melindungi hasil pencarian pengguna dari intipan (sniffing) yang dilakukan orang di internet. Koneksi akan kembali normal ketika pengguna memilih salah satu tautan hasil pencarian yang ditampilkan. Dengan fitur ini, pemerintah maupun hacker akan menjadi kesulitan untuk melakukan sensor atas konten maupun mengetahui apa data yang ingin dicari pengguna Google. Meski demikian, koneksi ini akan memperlambat penampilan hasil pencarian yang diinginkan karena adanya tambahan langkah penyandian yang harus dilakukan oleh Google sebelum hasil ditampilkan. Pada umumnya koneksi tersandi digunakan pada situs yang menerapkan sistem pembayaran seperti bank dan situs-situs e-commerce.

Fitur pencarian tersandi ini merupakan yang pertama untuk layanan mesin pencari, karena Yahoo dan Bing hanya melayani pencarian dengan koneksi tak tersandi. Untuk menggunakannya, pemakai perlu memasukkan alamat ‘https://www.google.com’ dari browser yang mendukung.

SUMBER:

kassa9.com

2 Komentar

Comments RSS
    • amikintelcom

      oke,sama sama… salam kenal dari BEM AMIK INTeL Com….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: