Energi Matahari Dapat Tersimpan dalam Kertas

Penulis

Para Pakar dari MIT, Amerika telah berhasil menampung energi matahari (solar cell) ke dalam sebuah kertas yang tipis dan ringan. Hal ini diungkapkan Vladimir Bulovic, Direktur penelitian energi matahari dalam sebuah konferensi pers yang diadakan baru-baru ini.

Sejak awal penemuannya, energi matahari memiliki berbagai hambatan seperti kurang efisien, membutuhkan tempat yang besar untuk menyimpannya, dan biaya yang sangat mahal. Penemuan ini masih dalam tahap pengembangan dan butuh waktu bertahun-tahun lamanya sampai benar-benar direalisasikan.

Menurut Wikipedia, Energi matahari yang efisien berkisar dari 20%-40%, sedangkan penemuan ini berhasil membuat kertas yang dilapisi semikonduktor berbasis karbon menampung energi 1.5%-2% tingkat efisiennya. Cukup jauh memang, tetapi penemuan ini sudah merupakan terobosan besar dalam bidang teknologi yang nantinya akan semakin ditingkatkan.

Sepertinya teknologi ini akan menuai pro dan kontra dari ahli dan pakar lain untuk tetap dikembangkan, mengingat masih belum diketahui dampak negatifnya di kemudian hari.

sumber:kassa9.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: